Jumat, 13 April 2012

hubungan internasional

      I.        Peranan Indonesia dalam Hubungan Inernasional
a.    Politik
Untuk menunjang pelaksanaan kebijakan politik dan hubungan luar negeri yang diabdikan untuk kepentingan nasional, terutama untuk kepentingan pembangunan di segala bidang.
b.    Ekonomi
·         Untuk menunjang upaya meningkatkan pembangunan ekonomi nasional.
·         Indonesia Ikut Sebagai Pendiri.
·         Indonesia Berperan Sebagai Anggota
·         Indonesia Sebagai Penerima Bantuan
c.    Sosial budaya
Untuk menunjang upaya pembinaan dan pengembangan nilai-nilai sosial budaya bangsa dalam upaya penanggulangan terhadap setiap bentuk ancaman, tantangan, hambatan, gangguan dan kejahatan internasional, dalam rangka pelaksanaan pembangunan nasional.
d.    Pertahanan
Untuk menunjang upaya pemeliharaan dan pemulihan perdamaian, keamanan dan stabilitas internasional.
e.    Lingkungan
Untuk menunjang upaya pencegahan dan penanggulangan setiap bentuk bencana serta rehabilitasi akibat-akibatnya.


    II.        Keterlibatannya dalam Organisasi Internasional.
a.    Politik
pada tanggal 9 Mei 2003 di Tehran telah ditandatangani MoU mengenai pembentukan Komite Konsultasi bilateral di Bidang Politik yang dipimpin oleh pejabat setingkat Wakil Menlu (Dirjen). Forum ini adalah untuk meningkatkan kerjasama politik dan bertukar pikiran mengenai isu regional dan internasional.
b.    Ekonomi
ASEAN Menjalin kerjasama negara-negara Asia Tenggara dibidang Ekonomi, sosial dan budaya Menjaga dan maningkatkan perdamaian dan stabilitas keamanan Asia Tenggara Meningkatkan peran negara-negara ASEAN dalam kancah internasional Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara Saling membantu dalam hal pelatihan dan penelitian bidang pendidikan, profesi, dan teknik. Meningkatkan kerjasama di bidang pertanian, industri, perdagangan, dan jasa untuk meningkatkan taraf hidup Memulihkan kerjasama yang erat dan bermanfaat dengan organisasi internasional dan regional.
Indonesia ikut mendirikan Association of South East Asian Nations (ASEAN). ASEAN adalah organisasi regional negara-negara Asia Tenggara yang didirikan di Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967.
Indonesia sebagai anggota beberapa organisasi internasional berikut ini.
a. Indonesia sebagai anggota Asia Pacific Economic Cooperation (APEC). APEC merupakan wadah kerja sama ekonomi regional negara-negara kawasan Asia dan Pasifik. APEC dibentuk di kota Canberra, Australia pada tahun 1989.
b. Indonesia sebagai anggota Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC).
Indonesia menerima bantuan dari organisasi-organisasi internasional berikut ini.
·         Consultative Group On Indonesia (CGI)
CGI adalah lembaga pengganti dari IGGI (Inter Govermental Group on Indonesia). CGI merupakan kelompok negara yang memberikan bantuan kepada Indonesia. Bantuan tersebut diberikan kepada pemerintah maupun swasta untuk memantapkan dan memajukan ekonomi Indonesia. Jadi, CGI Indonesia berperan sebagai penerima bantuan.
·         Asian Development Bank (ADB)
ADB bertujuan untuk memberikan pinjaman dana dan memberikan bantuan teknik kepada negara-negara yang sedang membangun termasuk Indonesia. Anggota Bank Pembangunan Asia adalah negara-negara di kawasan Asia Timur Jauh termasuk Pasifik Selatan.

c.    Sosial budaya
UNESCO membuka jalan menuju ilmu pengetahuan serta memperluas komunikasi dan saling pengertian di antara sesama manusia. Indonesia sendiri menjadi anggota badan PBB tersebut pada 27 Mei 1950.

d.    Pertahanan
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Tujuan PBB:
a.  Memelihara perdamaian & keamanan dunia
b.  Mengembangkan persahabatan antar bangsa berdasar azas persamaan Hak c.  Mewujudkan kerjasama internasional dalam memecahkan masalah internasional
d.  Menjadi pusat penyerasian tindakan bangsa2 dalam mencapai tujuan bersama.

e.    Lingkungan
Fasilitas Lingkungan Global atau Global Environment Facility (GEF) adalah mekanisme keuangan yang memberikan hibah dan dana bersyarat kepada negara-negara berkembang dan negara-negara dalam transisi untuk proyek-proyek dan aktivitas yang bertujuan melindungi lingkungan global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar